Baca Berita

Sosialisasi Aplikasi Srikandi di Kantor Dinas Kesehatan

Berita
Aplikasi Srikandi telah diluncurkan menjadi aplikasi umum bidang kearsipan pada Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Dalam Aplikasi Srikandi, setiap informasi berbasis analog dan digital akan dapat terekam dengan baik sehingga nantinya akan menjadi bukti akuntabilitas dan memori kolektif bangsa.
Aplikasi Srikandi memiliki beberapa fitur utama. Pertama, fitur penciptaan arsip yang meliputi pembuatan, pengiriman, dan penerimaan naskah dinas secara elektronik antar-instansi pemerintah. Kedua, terdapat fitur pemeliharaan arsip untuk menjaganya agar tetap autentik, utuh, dan terpercaya. Di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur penggunaan arsip oleh yang berhak, serta fitur penyusutan arsip yang meliputi pemindahan dan pemusnahan arsip.
Dinas Kesehatan Kabupaten Bintan melaksanakan sosialisasi Aplikasi Srikandi di Kantor Dinas Kesehatan pada Selasa (11/10/2022). Sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan dari UPTD Puskesmas, UPTD BPFAK dan Bidang di Dinas Kesehatan.
Adapun Narasumber pada sosialisasi ini yaitu Arsiparis Ahli Pertama dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Bintan. Yuwono, S,ST.Ars. menyampaikan bahwa “Pemerintah sudah mempermudah bentuk kearsipan dalam bentuk digital. Dalam komunikasi kedinasan dari jabatan tertinggi hingga yang terendah dalam suatu Organisasi Perangkat Daerah, akan menggunakan aplikasi ini dalam semua komunikasi surat menyurat”.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, drg. Horas JP Sihite, M.Kes, mewakili Kepala Dinas Kesehatan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Arsip merupakan suatu hal yang penting dalam rangka pendokumentasian dalam suatu institusi atau organisasi. Harapannya sosialisasi ini dapat diikuti dengan baik, dipelajari dengan cermat, untuk menambah pengetahuan agar bisa langsung diimplementasikan di unit kerja masing-masing”.
Bagikan Postingan Ini:
© . Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan